Rabu, 15 Mei 2013

Cara Membuat Antena Penguat Sinyal (Biquad Model)


Baru - baru ini saya terkagum kagum melihat antena modem? hah? modem bisa juga pakek antena... yaaa  bisa laahh... bukan cuma TV aja kaliii..
kali ini saya akan memberikan langkah cara membuat nya.
Sedikit info, biquad sendiri adalah jenis antena indoor yang artinya pengguna antena ini tidak perlu repot-repot lagi memasang antena ini diluar rumah karena kekuatan menangkap sinyal yang stabil untuk jelas antena indoor.

Baiklah tanpa banyak bacot lagi saya akan memulai tutorial membuat antena biquad yang berfungsi untuk frekuansi 800Mhz/900Mhz/1800Mhz/1900Mhz/2100Mhz (GSM/EDGE/HSDPA/CDMA/EVDO).
Pertama-tama marilah kita siapkan alat dan bahan untuk membuat antena biquad :
  • Alat :
  1. Silet
  2. Pisau Cutter
  3. Mistar minimal 30 cm
  4. Kunci Tang
  5. Modem
  • Bahan
  1. Aluminium Foil 
  2. Kardus
  3. Solasi
  4. Kawat Tembaga/Besi (contoh kawat didalam kabel RGU6)
Nah setelah bahan dan alat siap mari kita perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Untuk mulai membuat antena bagian yang terpenting dibuat dahulu adalah area director sekaligus dipole antena biquad, caranya adalah dengan menyiapkan kawat tembaga berdiamater minimum 3 mm (bisa menggunakan kawat tembaga didalam kabel RGU6) 
  • Bentuk kawat tembaga kabel RGU6 seperti gambar dibawah dengan panjang tiap sisi director sekaligus dipolenya 9.3 cm (seperti gambar dibawah)

  • Nah jika sobat sudah membentuk kawatnya seperti diatas dan sudah sesuai dengan ukuran yang telah saya berikan maka berikutnya adalah membuat boom nya, caranya dengan memotong kardus yang sudah cobat siapkan sesuai dengan ukuran dipole sekaligus director yang dibuat tadi dalam hal ini disesuaikan dari panjang dan lebarnya.
  • Jika sudah selesai saatnya menyiapkan tambahan agar boom nya menjadi lebih klop dengan kondisi jaringan, yaitu dengan cara membungkusnya dengan aluminium foil yang sudah sobat siapkan juga sebelumnya
  • Agar aluminium foil dan boom nya melekat dengan baik sebaiknya gunakan solasi/plaster 
  • Setelah selesai pembungkusan boom, maka boom dan direktor sekaligus dipole sudah bisa disatukan dengan baik, sobat bisa menggunakan kawat ataupun tali untuk proses penyatuan ini. 
  • Nah untuk tampilan jadinya adalah seperti gambar dibawah dan belum dipasangkan modem

  • Kemudian gabungkan dengan modem sobat dan pastikan sobat juga sudah memiliki kabel USB EXT. (kabel perpanjangan USB) cara menggabungkannya dengan kawat tembaga (direkomendasikan)

  • Nah itu dia sekilas tutorial singkat saya untuk membuat antena biquad
Berikut review setelah menggunakan antena biquad :
  • Hasil speedtest

  • QXDM

  • Download IDM


Itu dia hasil review saya dan memang benar adanya, jika suatu saat sobat membuat antena dan tidak seperti dengan hasil yang saya punya ataukah malah mungkin lebih baik itu berlaku hukum "tempat menentukan prestasi" 
jadi saya tidak mengajak atau melakukan intervensi kepada sobat dalam hal ini mengikuti apa yang saya buat sepenuhnya, saya hanya membuat sesuai dengan apa yang saya pelajari dan alami.
Dan juga artikel ini murni dari diri saya sendiri jadi kalau ada kesalahan harap dimaklumi karena saya juga adalah nubitol yang hanya ingin berbagi sedikit


Semoga Bermanfaat..
thanks... :)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar